Bupati Joune Ganda Masuk Nominasi Penganugerahan Satyalancana Pembangunan Bidang Pertanian

0

MINUT – Bupati Joune Ganda mendampingi Tim Verifikasi dan Peninjauan Lapangan Usulan Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan Bidang Pembangunan Pertanian di Kabupaten Minahasa Utara, Selasa (09/05/23).

Satyalancana Pembangunan adalah, suatu tindakan yang berjasa terhadap Negara dan Masyarakat dalam lapangan Pembangunan sesuatu bidang tertentu pada khususnya.

Bupati Joune dalam penyampainnya, mengatakan santan kelapa sudah menjadi komoditas yang telah dieksport ke China. Sementara untuk kementerian, kami sedang menjalin kerjasama dengan Universitas Sam ratulangi khususnya Fakultas Pertanian agar bias melakukan pendampingan, penyuluhan tentang varietas baru Kelapa Genja Jingga Ganda.

“Untuk varietas genja jingga ganda ini, tingginya 5 meter dengan durasi 3,5 tahun pertumbuhannya,” ujar Bupati.

Sementara Itu, Kasubag penyiapan keputusan Presiden Sekretariat Militer Presiden Gian Martika Kuswandi, SE.MM mengatakan, Bapak Bupati Minahasa Utara ini diusulkan untuk mendapatkan tanda kehormatan dari Presiden RI, yaitu tanda kehormatan Satyalancana Pembangunan dari Kementerian Pertanian dalam rangka Penas ke-16 yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 sampai 15 juni di Padang.

“Pada kesempatan saat ini, sesuai dengan undang-undang kami harus memverifikasi dan meninjau lapangan sesuai inovasi yang diangkat Pak bupati. Dalam hal ini, kelapa genja, jadi kami akan kelapangan untuk melihat kelayakan Pak Bupati untuk mendapatkan penghargaan dari Pak presiden,” katanya.

“Ini merupakan usulan dari Dinas Pertanian lanjut Gian, ke Kementerian Pertanian ke Pak Presiden melaui Kami Sekretariat Militer Presiden.Inovasi dan Pemanfaatannya yang kami lihat saat ini, prosesnya verifikassi sudah 3 bulan dan masuk minggu terakhir,” tambahnya. (Immora)