Program Imunisasi dan Gizi, 6 Balita Dapat Sertifikat IDL

0

KOTAMOBAGU – Dinas Kesehatan (Dinkes) menyerahkan Sertifikat Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) kepada 6 Balita dan sertifikat ASI Eksklusif kepada seorang ibu di wilayah Puskesmas Upai, Selasa (11/4/2023)

Kepala Dinkes Kotamobagu, Wahdania Mantang mengatakan kegiatan ini merupakan Inovasi Program Imunisasi dan Program Gizi Puskesmas Upai.

“Kegiatan kali ini, dilaksanakan di Posyandu Seroja Kelurahan Biga dan selanjutnya akan dilaksanakan di Posyandu lainnya di wilayah Puskesmas Upai sesuai jadwal Posyandu,” kata Wahdania

Dijelaskan Wahdania, dalam upaya meningkatkan capaian kunjungan di Posyandu dan meningkatkan capaian imunisasi dan ASI eksklusif, beberapa langkah telah diambil.

“Pertama, pelaksanaan pelayanan imunisasi di puskesmas setiap minggu di bulan berjalan di luar jadwal posyandu. Kedua, pemberian sertifikat IDL dan ASI eksklusif yang konsepnya akan diberikan setiap bulan saat posyandu dengan hasil evaluasi atau penilaian bulan sebelumnya,” jelasnya.

Sementara, Kepala Puskesmas Upai, Ria Mokoagow, menambahkan bahwa kegiatan perdana penyerahan Sertifikat Imunisasi Dasar Lengkap ini diberikan kepada enam balita yang telah lengkap imunisasinya. Selanjutnya, untuk Sertifikat ASI Ekslusif diberikan kepada satu ibu.

“Kami berharap program  ini dapat membantu meningkatkan capaian imunisasi dan ASI eksklusif di wilayah ini. Kami juga mengajak masyarakat untuk lebih aktif dalam mengunjungi posyandu,” katanya.(Lam)