Bupati Bolmong Hadiri Kegiatan Pengembangan Proklim di Desa Bintau

0

BOLMONG – Pj Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Limi Mokdompit menghadiri kegiatan pengembangan program kampung iklim (Proklim) dan penanaman pohon untuk zero emisi di Desa Bintau, Kecamatn Passi Barat Selasa (14/3/2023).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2023.

Dalam kegiatan tersebut Pj Bupati Limi Mokodompit menyerahkan sertifikat program kampung iklim serta bantuan bibit pohon.

Pj Bupati mengatakan bahwa kegiatan hari ini yang dilaksanakan ini merupakan program nasional.

“Pohon yang ditanam tidak hanya memberikan kesejukan tapi juga memberikan manfaat. Tapi juga menjaga keseimbangan lingkungan serta memberikan hasil,” kata Limi.

Dikatakannya, dalam peringaan Hari Peduli Sampah Nasional ini tidak hanya berkaitan dengan kebersihan lingkungan tapi juga terkait dengan penanganan sampah dan bagaimana pengelolaan sampah.

“Sampah ini bisa didaur atau diolah untuk menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan manusia,” ujarnya.

Selain itu, Limi berharap, dengan diserahkannya sertifikat Proklim maka program-program Kementerian Lingkungan Hidup akan sampai ke desa-desa bersertifikat Proklim.

Sebelumnya, Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3, Kementerian LHK, Rosa Vivien Ratnawati menyampaikan bahwa tema peringatan HPSN tahun 2023 ini adalah “Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat”.

Menurut Vivien, dalam tema ini pihaknya berupaya mentuntaskan persoalan sampah sesuai target pada tahun 2025, melalui Kebijakan Strategis Nasional Peraturan Presiden No. 97 Tahun 2017, yaitu penanganan sampah 70 persen, pengurangan sampah 30 persen.

“Tahun 2023 ini, menjelang 2025 kita harapkan sudah siap untuk menuntaskan persoalan sampah dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat, dengan potensi nilai ekonomi yang dimiliki oleh sampah,” katanya. (Ir)