Bupati Bentuk Timsus Rencana Pendirian Perguruan Tinggi Politeknik Negeri di Boltim

0

BOLTIM – Sebagai salah satu daerah otonom baru, Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto , ingin daerahnya sejajar dengan daerah lain yang audah memiliki Perguruan Tinggi.

Lihat saja, gebrakan yang dilakukan Bupati Sachrul dimana menginginkan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) salah satu leading sektor pembangunan yang terua di genjot.

Sebab menurut Bupati, dengan SDM yang handal dan berdaya saing, akan berdampak terhadap pembangunan daerah yang lebih maju sejajar dengan daerah-daerah lainnya.

Untuk menuju SDM masyarakat Boltim yang berkualitas, Bupati Sachrul mulai melakukan lompatan pembangunan di dunia pendidikan yakni akan mendirikan perguruan tinggi Politeknik Negeri Kabupaten Boltim.

Sehingga dibentuklah Tim Khusus (timsus) Pendiri Perguruan Tinggi Politeknik Negeri Boltim didalamnya, Kepala Dinas Pendidikan Yusril Damopolii, S.Pd, MM, Tenaga Ahli Bidang Pendidikan Dr. Magdalena Wullur, MSi serta Dr. Tony Sumakul, MH. Tugas perdana tim khusus tersebut adalah melakukan kunjungan ke Politeknik Negeri Manado sekaligus tatap muka dengan Direktur Dra. Mareyke Alelo, MBA dan para dosen, belum lama ini.

Yusril, mengatakan selaku tim khusus yang ditugaskan oleh Bupati, mereka telah melakukan pertemuan dengan civitas akademik Politeknik Negeri Manado. Pada intinya menyampaikan rencana dan niat Bupati Boltim untuk kerjasama dengan Politeknik.  Alhasilnya,  pertemuan tersebut berakhir dengan kata sepakat untuk kerjasama.

” Ibu Direktur menyambut baik dan bersemangat terhadap niat cemerlang dari Bupati Boltim Bapak. Sam Sachrul Mamonto, S.Sos, M.Si. Ibu Direktur juga berharap, secepatnya dibuatkan Forum Group Diskusi (FGD) antara pihak Politeknik Negeri Manado dengan Pemda Boltim demi mewujudkan cita-cita mulia Pak Bupati,” kata Yusril.

Lanjutnya,  sesuai rencana, pekan ini akan digelar FGD guna membahas banyak hal termasuk jenis program study di Politeknik Negeri Boltim nanti.

” Dalam FGD akan dibahas prodi yang bersesuaian dengan analisis kebutuhan, potensi alam dan ketersediaan lapangan kerja serta bersesuaian dengan perkembangan era Four Points One saat ini, ” jelasnya.

Masih menurut Yusril, perguruan tinggi Politeknik di Boltim menjadi dambaan masyarakat, yang selama ini sangat berharap anak-anak mereka bisa mendapatkan lanjutan pendidikan lebih layak di daerah sendiri.

” Kita doakan bersama masyarakat Boltim, semoga maksud baik Bupati akan segera terwujud,” pungkasnya.(bm)