Gandeng Polri,TNI dan Pemkot, PWI Kotamobagu Peringati HPN Yang ke-77

0

KOTAMOBAGU – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kotamobagu memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023. Kegiatan dilaksanakan Kamis 23 Februari 2023 pagi.

Sebagai informasi, kegiatan ini atas kerjasama PWI Kotamobagu dengan Pemkot Kotamobagu, Polres Kotamobagu dan Dandim 1303 Bolmong serta mitra lainnya.

Ketua PWI Kotamobagu Junaidi Amra memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan atas suksesnya peringatan HPN tahun 2023.

“Kami dari PWI Kotamobagu sangat bersyukur sehingga kami dapat memperingati HPN tahun ini, dimana kami mungkin satu-satunya yang melaksanakan kegiatan ini di Sulut,” ucap Jun sapaan akrabnya.
Menurut Junaidi Amra, pihaknya mengharapkan agar para insan pers dapat menjaga etika profesi dalam menjalankan tugas adalah paling utama.

“Sesuai dengan tema HPN tahun ini yaitu pers bermatabat. Profesi wartawan ini kita ketahui banyak dicederai oleh oknum-oknum yang mengaku wartawan,” tuturnya.

Hal tersebut wajib menjadi perhatian seluruh insan pers terkait aturan-aturan atau regulasi sebagai wartawan yang telah diatur oleh Dewan Pers,” kata Ketua PWI Kotamobagu Junaidi Amra.

Dalam kesempatan itu juga Wakil walikota Kotamobagu Nayodo Keorniawan yang turut hadir mengatakan “Harus berani mengkritik pemerintah jika keliru dalam proses menjalankan sistem pemerintahan,” kata Nayodo saat menghadiri jalan sehat dan senam gembira yang diselenggarakan Polri-TNI dan Wartawan dalam rangka HPN ke 77 di Lapangan Aruman Motoboi Kecil, Kamis (23/2/2023).

Dikatakannya, melalui momentum HPN ini, insan pers dapat lebih menjadi mandiri, profesional serta menyajikan pemberitaan yang bersifat edukatif kepada masyarakat.

“Ada sebuah oto kritik kepada insan pers, bahwa agar lebih tajam lagi dalam pemberitaan, lebih professional lagi, dan lebih terpercaya lagi,” ujarnya.

Sementara itu juga Kapolres AKBP Dasveri Abdi, mengatakan di era persaingan digitalisasi saat ini, insan pers dituntut untuk lebih meningkatkan integritas serta profesionalisme dalam menyajikan pemberitaan yang berkualitas.

“Hal ini tentunya menjadi tantangan  kedepannya dalam membentuk media-media yang dapat bersaing, profesional dan selalu menjaga integritas,” ujar Dasveri.

Kata Dasveri, tahun 2024 Indonesia akan menghadapi pemilihan umum (Pemilu). Olehnya lewat kesempatan ini, dia pun berharap sinergitas antara Insan Pers, TNI dan Polri akan selalu terbangun dalam rangka mensukseskan jalannya pesta demokrasi mendatang.

“Ke depan kita akan menghadapi event besar yaitu pemilu tahun 2024. Harapannya Pers, TNI dan Polri dapat bersinergi untuk menekan isu-isu yang menjadi tantangan ke depan, agar situasi kondusif dapat kita jamin bersama sekaligus menjaga stabilitas nasional secara umum,” harapnya.
(Dp)