Masyarakat Purworejo dan Liberia Siap Gelar Do’a Syukuran atas Gelar Yang di Anugerahkan Kepada Bupati Boltim

0

BOLTIM – Pasca, Dianugerahi Gelar Adat Dari Keraton Surakarta Hadiningrat, Solo Jawa Tengah, pada Rabu (15/02)2023), kepada Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto.S.Sos. MSI.  pada pekan lalu.

Dimana  Penghargaan ini diberikan karena Bupati Boltim  dikenal sangat menjaga dan melestarikan adat budaya termasuk adat Jawa dan budaya lainnya di Kabupaten Boltim ini mendapat gelar kehormatan Adat dari Keraton Surakarta Hadiningrat Sebagai Kanjen Raden Tumenggung.

Atas penghargaan yang ada dalam waktu dekat masyarakat adat yang ada di Desa Purworejo dan Desa Liberia secara serentak akan menggelar doa syukuran atas Gelar yang disandang Bupati Boltim yang baru diterima Bupati Boltim.

Artinya  gelaran syukuran ini amaecraa spontan dilakukan oleh masyarakat Jawa di Kecamatan Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), karena sangat berbahagia atas gelar adat Jawa yang disandang Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto.

Camat Modayag, Asral Mamonto mengatakan Pemerintah Kecamatan Modayag dan Masyarakat Purworejo bersatu dan Liberia akan menggelar  do’a tasyakuran atau Syukuran atas gelar yang di anugerahkan kepada Bupati Boltim.

Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto Dianugerahi Gelar Adat Dari Keraton Surakarta Hadiningrat.
“Do’a syukuran ini bentuk kebanggaan atas penganugerahan gelar kehormatan dari Keraton Surakarta Hadiningrat Solo Jawa Tengah kepada Bapak Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto, S.Sos, M.Si, sebagai Kanjen Raden Tumenggung,” kata Asral.

Asral  menjelaskan. Acara Syukuran akan di gelar di Desa Liberia, Kecamatan Modayag.

“Namun kami dari Pemerintah Kecamatan masih akan melakukan konfirmasi dengan Bapak Bupati untuk jadwal pelaksanaan,” kata Asral.

Diketahui awal tahun ini tugas bapak Bupati sangat padat sehingganya pelaksanaan syukuran harus menyesuaikan dengan waktu luang Bupati. (BM)