Pemkot Kotamobagu Gelar Musrenbang Tingkat Kecamatan

0

KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu menggelar musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Kotamobagu utara, Selasa (14/2/2023)

Kegiatan yang digelar di gedung Bontean Desa Bilalang Satu, Kecamatan Kotamobagu Utara, ini  dihadiri Asisten ll Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kotamobagu, Siti Rafiqah Bora, Camat kotamobagu Utara, Muh. Edo. Mopobela,   sangadi, lurah, serta perwakilan masyarakat.

“Musrenbang adalah rutinitas tiap tahun di mana kita mengambil aspirasi dari masyarakat, mulai dari tingkat RT, RW, yang dimulai dari musyawarah desa (musdes) kemudian ditindak lanjuti dikecamatan,”Ucap Asisten ll Pemkot kotamobagu Sity rafiqah bora.

Menurutnya musrenbang kecamatan ini dilaksanakan untuk menampung aspirasi-aspirasi dari masyarakat ditiap desa dan akan dibahas ditingkat Kotamobagu.

“Ada beberapa usulan dari masing-masing desa/kelurahan dan untuk kotamobagu utara masing-masing mengusulkan 5 sampai 6 yang prioritas kemudian diambil lagi yang sangat prioritas dan ditentukan rata-rata 2, mengingat anggaran yang sangat terbatas,”katanya

Ditambahkannya, setiap usulan prioritas desa dan kelurahanlah yang paling tau apa yang menjadi kebutuhan disetiap desa atau kelurahan tersebut.

“Sehingga di sinilah ajang untuk menampung semua aspirasi dari setiap desa/kelurahan dan kemudian dibawah dan dibahas ditingkat musrenbang kota kotamobagu yang akan dilaksnakan didalam waktu dekat ini,”jelasnya.

Harapannya apa yang menjadi keputusan serta kesepakatan hari ini bisa diakomodir ditingkat pemkot dan tetap mengacuh pada RPJMD kota kotamobagu.

Sementara, Camat Kotamobagu Utara Muh. Edo Mopobela mengatakan musrenbang merupakan tindak lanjut dari hasil musrenbang ditingkat  desa dan kelurahan  yang akan di bawah ditingkatan selanjutnya.

“Memang kalau melihat usulan dari masyarakat di tiap desa, sangat banyak kegiatan-kegiatan yang mendesak dan prioritas untuk dilaksakan tetapi sesuai dengan kesepakatan rata-rata ditiap desa dan kelurahan mengusulkan 2 kegiatan prioritas,”katanya

“semoga apa yang menjadi usulan prioritas akan lolos ditingkat musrenbang kota kotamobagu,” pungkasnya. (Lam)