Entry Meeting dengan BPK, Sachrul Minta OPD Koorperatif Siapkan Data

0

BOLTIM –  Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar rapat atau Entry Meeting dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia, perwakilan Sulawesi Utara (Sulut), guna untuk pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) pada draft APBD tahun 2022.

Pada kesempatan itu Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto, S,sos M.si, (SSM), menyambut baik kedatangan Tim Pemeriksa dari BPK di kabupaten Boltim.

“Yang pertama tentu hari sudah ditetapkan sebagai hari pertama pemeriksaan oleh BPK yang sudah terjadwal seperti tahun – tahun kemarin,” kata  Sachrul Mamonto, Senin, 6 Februari 2023 di lantai tiga Kantor Bupati Boltim.

Ini menjadi sesuatu yang baik, kata Sachrul melanjutkan, yang kemudian akan menjadi kontrol bagi kinerja terutama keuangan kita.

Entry Meeting dengan BPK, Sachrul Berharap OPD Koorperatif Siapkan Data Untuk Pemeriksaan LKPD
Bupati didampingi Kepala Inspektorat dan jajaran Pemkab Boltim menyambut kedatangan Tim Pemeriksa dari BPK RI, Senin 06 Februari 2023.

” Saya berharap kepada seluruh OPD bersikap koperatif menyediakan berbagai data yang dibutuhkan oleh BPK,” tegas Bupati.

Ia juga menyatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Boltim sudah 9 kali mendapatkan opini WTP.

Entry Meeting dengan BPK, Sachrul Berharap OPD Koorperatif Siapkan Data Untuk Pemeriksaan LKPD
Bupati saat memberikan sambutan pada Entry Meeting dengan BPK RI bersama jajaran Pemkab Boltim, di lantai tiga Kantor Bupati Boltim.

“Ini tentu menjadi sebuah kebanggaan buat kita semua dan saya berharap bahwa kita bisa tetap mempertahankan opini itu, karena ini menjadi sebuah standar bagi seluruh pemerintah daerah kondisi keuangan – keuangannya,” ungkapnya.

Masih kata Sachrul, setelah sudah 9 kali kita diganjar dengan opini WTP, maka sudah tau persis apa yang kita siapkan.
“Saya tentu akan menggunakan hasil pemeriksaan BPK ini untuk mengevaluasi kinerja dari setiap SKPD yang ada, ini menjadi standar juga saya untuk melakukan penilaian terhadap SKPD,” tandasnya.
Sementara itu, Ketua Tim BPK perwakilan Sulawesi Utara, Ronny Christanto mengatakan maksud kedatangan mereka di Kabupaten Boltim.
Entry Meeting dengan BPK, Sachrul Berharap OPD Koorperatif Siapkan Data Untuk Pemeriksaan LKPD
Foto bersama Tim BPK RI dengan jajaran Pemkab Boltim.

“Kali ini saya bersama tim datang kemari dalam rangka pemeriksaan intern, dalam keseluruhan pemeriksaan laporan keuangan pemerinta daerah, yang merupakan anatomi dari undang – undang,” kata Ronny memungkasi.

Turut hadir dalam rapat tersebut yakni Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Para Asisten, Para Camat, dan Seluruh Kepala SKPD Boltim.(Buds)