Distan dan Konsultan UMKM BI Kroscek Pengembangan Kopi Robusta di Desa Liberia

0

BOLTIM – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), bersama tim konsultan yang membidangi retail Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Bank Indonesia Sulawesi Utara (Sulut) lakukan pengecekan pengembangan hasil kopi varitas robusta di Desa Liberia.

Kepala Dinas Pertanian Boltim, Mat Sunardi mengatakan, tahun 2021 lalu pihak Bank Indonesia (BI) telah melakukan pendampingan dan bimbingan teknis kepada salah satu industri pengolah bubuk kopi.

“Pada tahun 2021 lalu pihak BI telah melakukan pendampingan kepada salah satu industri rumahan pengolah bubuk kopi di desa liberia dan telah fasilitasi berbagai hal antara lain bimbingan teknis dan konsep bisnis,” katanya.

Sunardi menyebutkan tahun depan pihak konsultan akan melakukan pengecekan dan pendamping langsung kepada kelompok tani agar bisa terintegrasi.

“Untuk tahun depan pihak konsultan ingin melakukan pendampingan pada kelompok tani lainya dalam pengembangan sektor kopi dan sektor peternakan sapi agar bisa terintegrasi saling menguntungkan,” jelas Sunardi.

Sunardi menuturkan ini akan menjadi model pemberdayaan bagi para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) karena pihak BI tertarik dengan cita rasa kopi robusta.

“Intinya diharapkan ke depan akan menjadi model juga pemberdayaan para pelaku UKM dari hasil wawancara dan diskusi pihak BI sangat tertarik kopi varitas robusta dan cita rasanya,” katanya.

Kadis mengimbau agar pertemuan ini pihaknya akan melakukan komunikasi suplai data base dengan tim konsultan untuk mewujudkannya.

“Dengan pertemuan ini dinas pertanian akan melakukan komunikasi dan suplai data base yang dibutuhkan lebih lanjut dengan tim konsultan agar penguatan dapat terwujud,” pungkas Sunardi.

Penulis : Budi S Mamonto