Polda Sulut Terima Kunjungan Peserta Studi Strategis Dalam Negeri Lemhannas RI

0

INDO NEWS – Polda Sulawesi Utara (Sulut) menerima kunjungan peserta Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXIV Tahun 2022 Lemhannas RI, Selasa (5/7) siang.

Para peserta SSDN yang datang langsung bersama Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto, disambut hangat Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno.

Sesaat usai penyambutan, dilanjutkan pertemuan di Ruang Tribrata Mapolda, dihadiri Wakapolda beserta para Pejabat Utama Polda Sulut, 25 peserta SSDN, dan juga para pendamping.

Kapolda Sulut dalam pertemuan, mengaku bersyukur dan bangga atas kunjungan peserta SSDN PPRA LXIV Tahun 2022 Lemhannas RI di Polda Sulut.

“Kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya karena kami dikunjungi langsung oleh Gubernur Lemhannas RI. Meski di tengah-tengah kesibukan, beliau berkenan berkunjung ke Provinsi Sulut, Kota Manado, dan khususnya Polda Sulut ini,” ujar Irjen Pol Mulyatno.

Irjen Pol Mulyatno kemudian memaparkan situasi umum keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah hukum Polda Sulut, termasuk di dalamnya penanganan dan pengendalian Covid-19, kerukunan antar umat beragama, hingga beberapa isu terkini.

Irjen Pol Mulyatno dalam pertemuan itu juga memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para peserta apabila memerlukan data-data yang berkaitan dengan SSDN ini.

“Kepada seluruh peserta apabila memerlukan data-data terkait kegiatan SSDN ini, kami siap membantu sepenuhnya,” tutup Irjen Pol Mulyatno.

Sementara itu Gubernur Lemhannas RI sesaat usai pertemuan mengatakan, di Polda Sulut ini merupakan kunjungan ke lima.

“Sebelumnya kami sudah berkunjung ke Pemprov Sulut, DPRD, Kodam XIII/Merdeka, dan Universitas Sam Ratulangi Manado. Kunjungan di Polda Sulut ini khusus untuk mendapatkan bahan-bahan kajian, data-data tentang kondisi keamanan di wilayah hukum Polda Sulut, terutama yang berkaitan dengan isu-isu yang kami bahas,” kata Andi Widjajanto.

Lanjutnya, dalam pertemuan tersebut banyak dibahas tentang dimensi konsolidasi demokrasi, terkait dengan langkah-langkah yang sudah dan akan dilakukan oleh Polda Sulut dalam proses pengamanan Pemilu 2024.

“Pada dasarnya, Polda Sulut telah berhasil mengimplementasikan beberapa kebijakan-kebijakan terobosan yang diinisiasi oleh Kapolda Sulut, sehingga terlihat ada pembaruan secara operasional, bagaimana sistem itu dibangun dengan mengandalkan teknologi dan paling utama mengandalkan kualitas komunikasi antar pimpinan Forkopimda,” jelas Andi Widjajanto.

Terkait kebijakan-kebijakan yang diinisiasi Kapolda Sulut, tambahnya, akan dilakukan pengkajian lebih dalam.

“Melalui kunjungan di Polda Sulut ini diharapkan kami di Lemhannas bisa melakukan kajian untuk mengusulkan bagaimana kebijakan-kebijakan terobosan tersebut bisa diterapkan di tingkat nasional,” pungkas Andi Widjajanto.

Dalam pertemuan tersebut dirangkaikan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Kemudian pertukaran cinderamata dan diakhiri dengan sesi foto bersama di depan lobi utama Mapolda Sulut.

(Gito Mokoagow)