ktg

Dilakukan Secara Persuasif, Kapolres Bolmong Pimpin Operasi PETI

0

INDO NEWS – Jajaran Kepolisian Polres Bolaang Mongondow, telah melaksanakan Operasi Penertiban Pertambangan Emas Tanpa Ijin (PETI), di wilayah Kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone, Jumat (23/04/2021).

Operasi yang tergabung bersama pasukan TNI, Sat Brimob, BKO Polda Sulut, Sat Pol PP, Balai TNBNW, tengah melaksanakan apel bersama di halaman kantor Mapolres Bolmong, sekitar pukul 08.00 Wita.

Usai mengelar apel pasukan, tim gabungan yang dipimpin Kapolres Bolmong, AKBP Nova Irone Surentu, bergerak menuju Polsek Dumoga Utara, untuk melakukan sosialisasi serta meminta dukungan dan pendampingan Kepala Desa, perangkat dan tokoh masyarakat dalam menindak lanjuti Sprin Kapolda Sulut, terkait penindakan PETI di wilayah Bolaang Mongondow.

Berdasarkan data yang ada, oprasi tim gabungan dibawa kendali Kapolres Bolmong, AKBP Nova Irone Surentu, bergerak menuju lokasi tambang Perbukitan Batubetel Perkebunan Desa Mopugad, dan Areal Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.

Saat berada di lokasi yang menjadi terget oprasi, tim gabungan yang dibentuk Kapolda Sulut telah mendapatkan dua galian tambang emas bersama beberapa warga sedang berada di lokasi.

Kapolres Bolaang Mongondow, AKBP Nova Irone Surentu, tengah memberikan imbauan secara persuasif tentang larangan melakukan aktivitas pertambangan di kawasan yang dilarang Undang – undang, melakukan penutupan galian tambang, memasangan garis polisi serta, pemasangan spanduk larangan pertambangan di kawasan TNBNW. “Terim kasih kepada warga yang sudah membantu tugas kami dan relah menutup lokasi pertambangan yang masuk dalam kawasan hutan lindung,” kata Surentu, melalui pesan WhatsApp Humas Polres Bolmong.

Dengan dilakukanya penindakan tersebut, lanjut dia, diharapkan tidak ada lagi aktifitas warga melakukan pertambangan yang masuk dalam kawasan TNBNW. “Saya mengucapkan terima atas semangat dan kesungguhan seluruh personel yang sudah menjalankan tugas sesuai ketentuan yang ada,” ungkapnya.

Berikut empat poin yang diterapkan dalam oprasi tersebut

  1. Dalam pelaksanaan operasi PETI satu komando untuk pengendalian Kapolres
  2. Laksanakan tugas dengan cara yang persuasif.
  3. Hindari benturan/ bentrokan dengan warga.
  4. Apabila ada hambatan atau perlawanan dari warga, segera dilaporkan dan pedomani Perkap No. 1 Thn 2009 tentang Penggunaan Kekuatan dalam Tindakan Kepolisian.

(Gito Mokoagow)