Pemkab Bolsel Gelar Pencanangan Rumah Data Kependudukan Kampung KB di Desa Transpatoa

0

BOLSEL- Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi.Iskandar Kamaru,S,Pt bersama Wabup Deddy Abdul Hamid menghadiri kegiatan Pencanangan Rumah Data Kependudukan Paripurna Kampung KB Desa Transpatoa dan Percepatan Penurunan Stunting dan Pencegahan Stunting, Launcing pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dan BKOB tahun 2021 yg dilaksanakan di Desa Transpatoa Kec. Helumo pada Rabu 10 Februari 2021

Dalam arahannya, Bupati menyebut tersedianya data dan indikator pembangunan yg terkini, valid dan terpercaya merupakan kebutuhan penting bagi pelaksanaan intervensi pembangunan di seluruh tingkatan wilayah. Oleh karenanya keberadaan rumah dataku penting untuk didirikan di seluruh desa untuk memasok kebutuhan² data yg akan digunakan dalam perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan. Lanjut Bupati, ada 6 rumah data yg akan dibentuk dengan klasifikasi paripurna dan integratif yg berlokasi di desa Meyambanga Timur, Tolutu, Tolondadu 1, Ilomata, Deaga dan Dayow.

Terkait Stunting, Bupati mengungkap bahwa di Kec. Pinolosian Timur terjadi penurunan stunting yang signifikan. Ini merupakan kabar gembira akan tetapi bukan berarti permasalahan stunting sudah tidak ada. Sementara itu, Kepala BKKBN Prov. Sulut  Ir. Tino Tandayu, M.Erg yg turut hadir dalam kegiatan berharap agar Pemkab Bolsel terus memberi dukungan serta bersinergi dengan Pemprov terkait rumah data dan percepatan penurunan stunting. Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan Rumah Data Kampung KB Mangrove dan pemasangan KB implan gratis di PKM Duminanga. 

Turut hadir para pimpinan PD, Camat dan Sangadi, penyuluh dan petugas pembantu KB serta masyarakat umum (Dp)