ASITA Sulut Lirik Produk Kotamobagu Ekraf Ekspor ke Jepang

0

KOTAMOBAGU- Kunjungan asosiasi travel Agent Sulut, yang bernaung dalam ASITA, ke sejumlah destinasi wisata di Bolmong Raya (BMR) menghasilkan capaian luar biasa.

Diantaranya, mencapai kesepakatan menjajaki kerjasama dengan Kadis Pariwisata Kotamobagu Anki Taurina Mokoginta. Kerjasama itu adalah promosi paket wisata dan melakukan ekspor produk ekonomi kreatif (ekraf) ke Tokyo, Jepang.

Kesepakatan itu dilakukan langsung Kadispar Kotamobagu Anki dengan ASITA Sulut yang dipimpin langsung Merry Karouwan dan para pengurus ASITA Sulut, Rabu 11 November 2020 Kemarin di Kafe Strawberry Jln Siliwangi Kelurahan Kobo Kecil

Turut hadir Dino Gobel selaku Staf Khusus Gubernur Bidang Pariwisata

Khusus. Gobel sekaligus memfasilitasi pertemuan saat itu.

Terungkap, untuk penjajakan ekspor produk ekraf, disepakati saat itu adalah produk kotak Kabela dan Kopi Dinondok, Mojago dan gula semut. “Produk ini kami kirim dalam bentuk sampel Minggu depan ke Jepang,” jelas Merry Karouwan.

Diakui Merry, ASITA Sulut sejak sebulan terakhir telah melakukan ekspor ke Jepang melalui penerbangan langsung Garuda Indonesia yang digagas Gubernur cuti Olly Dondokambey. “Berdasarkan pengalaman ekspor ke Jepang, saya mendapat permintaan banyak aneka produk ekraf untuk dikirim sampelnya ke Jepang.

Dari sampel itu, melalui atase perdagangan Kedubes RI di Tokyo, difasilitasi dengan buyer,” jelas Merry.

Kadispar Anki saat itu menyambut baik antusiasme ASITA Sulut menjalin kerjasama ekspor ekraf saat itu. Insya Allah kerjasama ini bisa terwujud dan berdampak bagi kemajuan daerah dan masyarakat Kotamobagu sebagaimana visi misi Walikota Ibu Tatong Bara dan Wakil Walikota Nayodo Kurniawan, kata Kadispar Anki.(*)