ktg

Wali Kota Tatong Bara Buka Kegiatan Diklat Kewirausahaan

0

KOTAMOBAGU- Wali Kota Kotamobagu Ir. Tatong Bara membuka secara resmi kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kewirausahaan Bagi Kelompok Strategis Masyarakat di Kota Kotamobagu, bertempat di Aula Kantor Wali Kota Kotamobagu Jalan Ahmad Yani, Kotamobagu, Senin 28 September 2020 

Kegiatan turut dihadiri Wakil Wali Kota Kotamobagu Nayodo Koerniawan, S.H., pimpinan Bank BRI Cabang Kotamobagu Erwin Safari, Sekretaris Daerah Kotamobagu Ir. Sande Dodo, M.T., Pimpinan Perangkat Daerah, camat, sangadi dan lurah, serta para peserta.

Mengawali sambutannya Wali Kota mengatakan kegiatan seperti ini diharapkan dapat mendorong para pelaku UMKM di Kotamobagu untuk terus meningkatkan serta mengembangkan usahanya.

“Menurut informasi yang saya terima usaha mikro di Kotamobagu sudah berjumlah sekitar 6000-an. Pemerintah pada hari ini menyerahkan bantuan kepada 388 UMKM dan pada waktu itu saya juga pernah menyerahkan 3700 izin usaha secara gratis bertempat di Hotel Sutanraja pada waktu itu, dan hari ini kita bertemu kembali di tempat ini untuk pembekalan atau Diklat pelatihan UMKM,” ucap Wali Kota.

Lebih lanjut menurut Wali Kota, Kotamobagu saat ini diliputi oleh jaringan teknologi informasi yang cukup baik yang ikut mendorong merebaknya usaha masyarakat baik itu secara online maupun langsung.

“Ini dibuktikan bahwa saat ini di Kotamobagu sudah banyak penjual makanan dan lain-lain yang berjualan melalui online dan ini merupakan peluang bagi kita semua khususnya UMKM. Melihat peluang ini pemerintah ikut merespon dengan memberikan pendampingan baik perizinan, permodalan, sampai kepada  pendidikan dan pelatihannya,” lanjut Wali Kota.

Di akhir sambutan Wali Kota mengatakan agar para peserta bisa mengikuti pelatihan dengan sebaik-baiknya, agar kemudian mampu turut serta membuka lapangan kerja dan menggerakkan ekonomi masyarakat.

“Selamat kepada Bapak Ibu yang telah menerima bantuan dan mengikuti Diklat Kewirausahaan hari ini. Insya Allah apa yang kita rencanakan dapat membuahkan hasil baik buat diri sendiri, masyarakat, maupun daerah yang sama-sama kita cintai ini,” tutup Wali Kota.

Diketahui kegiatan pembukaan Diklat Kewirausahaan ini juga dirangkaikan penyerahan penghargaan Kota Bisa Award dan Pemenang Lomba Innovative Government Award (IGA) 2020, yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.