Warga Desa Mataindo Bersama Satgas TMMD 107 Lanjutkan Pengerjaan Talud

0

B O L S E L – Pembangunan Talud jalan merupakan salah satu hal dikerjakan dalam program TMMD Kodim 1303/Bolaang Mongondow.

Talud ini dikerjakan di sebelah kanan dan kiri bahu jalan perkebunan Desa Mataindo Kecamatan Pinolosian Tengah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Rabu (18/03/2020).

Tujuan pembuatan talud ini untuk mengantisipasi ketika musim hujan akan datang bisa mengakibatkan tanah longsor yang menjadi ancaman utama dari sebuah jalan yang telah dibangun.

Sehingga dalam membangun jalan jangan setengah-setengah, akses pendukung seperti Talud dan saluran drainase juga harus dikerjakan sesuai dengan standar operasional prosedur atau SOP guna menjaga kualitas maupun kuantitas bangunan sasaran fisik TMMD.

Jadi pembangunan Talud tidak mengesampingkan ploting gambar yang dianjurkan oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Sebelumnya dalam tahap Pra TMMD, Koordinator Satgas TMMD beserta perangkat desa maupun kecamatan serta pegawai PU Bolsel terlibat pengukuran ketebalan dan ketinggian talud yang sesuai dengan aturan dari Dinas PU.

Dalam pelaksanaan pembangunan, jika hasil talud belum sesuai akan diperbaiki. Karena talud ini nanti akan banyak menahan beban terutama dari atas.

Konstruksi menurut anjuran Dinas PU Kabupaten Bolsel, mutlak untuk ketahanan dan masa pakai. Namun ini semua hanyalah rancangan manusia, faktor alamlah yang akan yang menentukan awet atau tidaknya suatu bangunan.

Prajurit satgas TMMD 107 dan warga melanjutkan pembangunan Talud dengan bersama-sama mencampurkan pasir dan semen. Sehingga kualitas Talud akan kuat dan berdaya guna lama dalam menahan beban. (Dp)