Air Bersih Mandek, Refly Mamonto ‘Semprot’ Kinerja PDAM: Jangan Kecewakan Warga!
KOTAMOBAGU – Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) jadi sorotan tajam. Pasalnya, pasokan air bersih untuk warga Desa Moyag Bersatu dilaporkan macet total selama hampir sepekan.
Kondisi ini memicu kegeraman Anggota DPRD Kotamobagu, Refly Setiawan Mamonto S.Kom.
“Sudah sepekan air bersih tidak mengalir ke rumah masyarakat. Ini bentuk kekecewaan masyarakat yang harus kita pertanyakan kepada pihak PDAM,” tegas Refly.
Refly, yang juga Ketua Fraksi PKB DPRD Kotamobagu, mengingatkan bahwa air bersih adalah kebutuhan primer. Jika kebutuhan dasar ini tidak terpenuhi maksimal, hal itu akan mengganggu kehidupan sehari-hari masyarakat.
“Saya minta kepada PDAM untuk memperbaiki kinerja pelayanan. Jika ada kendala pipa bocor atau lainnya, segera diperbaiki agar kebutuhan masyarakat akan air bersih bisa terpenuhi,” ujarnya.
Ia berharap PDAM Bolmong mengutamakan pelayanan optimal kepada masyarakat dan tidak kembali mengecewakan pelanggan.
Respons PDAM: Ada Penyetelan Tekanan Air dan Perbaikan Pipa
Dikonfirmasi terpisah, Kepala PDAM Unit Modayag, Zulman Tooy, angkat bicara. Ia menjelaskan bahwa gangguan terjadi akibat proses penyetelan ulang tekanan air di sejumlah jaringan distribusi.
Zulman juga menyebutkan adanya perbaikan di beberapa titik pipa yang bocor.
“Saat ini kami sementara menyetel tekanan air, soalnya yang lain juga belum dapat air. Sementara jalur arah Ilongkow harus dilayani full karena kebutuhan air untuk pasukan TNI yang menetap di Ilongkow cukup banyak,” jelas Zulman, merujuk pada penempatan sementara personel Yonif TP 868.
Ia meminta pengertian dan kesabaran warga karena tim teknis masih bekerja keras di lapangan. “Mohon maaf atas gangguan ini, masih dalam proses perbaikan tekanan air,” tutupnya.(Ard)
