banner kpu

Danrem 131 Santiago Pimpin Upacara Obster di Lapangan Sari Cakalang

0

BITUNG — Danrem 131 Santiago, Brigjen TNI Martin Susilo Martopo Turnip, SH, MH membuka pelaksanaan Operasi Teritorial (Obster) Tentara Nasional Indonesia Tahun Anggaran 2024 yang dipusatkan di lapangan Sari Cakalang pada Selasa (17/9/2024).

Obster TNI tahun anggaran 2024 ini mengusung tema “Melalui operasi teritorial kita tingkatkan kesejahteraan masyarakat demi terciptanya kemanunggalan TNI – Rakyat menuju Indonesia maju”

Kepada sejumlah media, Danren yang ditemui seusai upacara pembukaan mengatakan, untuk kegiatan Obster kali ini dilaksanakan di 3 (tiga) Kodim, yaitu Kodim Bolaang Mongondouw, Kodim Bitung dan Kodim Manado.

“Obster 2024 dilaksanakan di tiga Kodim. Kodim Bolmong, Kodim Bitung dan Kodim Manado. Jumlah personil kekuatan sekitar 120 orang untuk TNI, dan masyarakat sekitar 200an orang,” terang Turnip.

Selanjutnya Danrem mengatakan bahwa yang menjadi sasaran dari Obster 2024 ini terdiri dari Fisik dan Non Fisik.

“Fisiknya diutamakan pada ketahanan pangan dengan membuka lahan sekitar 100 hektar dan menanam jagung, dimana untuk di wilayah Kodim Bitung sekitar 70 hektar, dan di Wilayah Kodim Bolmong sekitar 30 hektar. Selain itu ada juga rehab sekolah, rehab rumah RTLH, pipanisasi di wilayah Kodim Manado khususnya di pulau Manado Tua,” kata Danrem.

Lebih lanjut Danrem juga menjelaskan yang mana selain pipanisasi, akan ada juga kegiatan Manunggal dengan rakyat di pulau tersebut.

“Selain pipanisasi, akan ada juga kegiatan Manunggal dengan rakyat di Pulau Manado tua, dimana sudah direncanakan akan ada pembagian bibit ikan dan bibit ternak serta pengobatan gratis bagi masyarakat Manado Tua,” terangnya.

Untuk kegiatan obster TNI 2024 ini direncanakan dilaksanakan selama dua bulan, dimulai dari bulan September.

“Pelaksanaan selama dua bulan, dimulai dari bulan September ini, dan nanti dua bulan kedepan akan dilaksanakan penutupan yang akan digelar di Bolaang Mongondow,” papar Turnip seraya berharap agar dengan adanya Obster 2024 ini, kemanunggalan TNI dengan rakyat akan semakin terjalin dengan baik.

Sebab operasi teritorial ini adalah untuk memperkuat pembinaan teritorial khususnya di wilayah Kodim masing-masing.(Paulus Marinu)