banner kpu

30 Pelaku Koperasi di kotamobagu Ikut Diklat Perkoperasian

0

KOTAMOBAGU – Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Disdagkop-UKM) Kotamobagu melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Perkoperasian di Hotel Sutan Raja Kotamobagu, Selasa (11/6/2024).
Diklat ini diikuti oleh 30 pelaku koperasi dan akan berlangsung hingga 13 Juni mendatang.

“Koperasi memiliki peran strategis dalam menciptakan masyarakat yang maju, adil, dan makmur. Tujuan utama koperasi adalah meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat serta menjadi bagian tak terpisahkan dari tatanan nasional yang demokratis dan berkeadilan,” ucap Asisten II Pemkot Kotamobagu, Adnan Masinae, dalam sambutan.

Adnan juga menekankan pentingnya sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dalam mengelola koperasi. “SDM yang mampu mengelola koperasi dengan baik sangat dibutuhkan. Faktor-faktor seperti visi dan misi yang jelas, kepemimpinan yang kuat dan amanah, serta partisipasi anggota yang tulus sangat penting untuk mencapai tujuan koperasi,” tambahnya.

Selain itu, ia juga menyebutkan pentingnya transparansi, kerjasama, dan modal dalam memajukan koperasi.
Kepala Dinas Disdagkop Kotamobagu, Ariono Potabuga, menjelaskan bahwa tujuan penyelenggaraan diklat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan, kapasitas, serta memperbaiki sikap dan perilaku SDM koperasi. “Diklat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap perilaku SDM koperasi,” ujarnya.

Ariono juga menyebutkan bahwa sejak tahun 2020 hingga 2023, Disdagkop-UKM Kotamobagu telah melatih 396 pelaku koperasi.

“Peserta yang kami latih berjumlah 30 orang. Dari tahun 2020 hingga 2023, kami telah melatih total 396 orang. Jika ini diimplementasikan dengan baik, akan muncul koperasi-koperasi yang sehat di Kota Kotamobagu,” tambahnya.(Syarip)