Bupati Sachrul : Dari Rumah Kontrakan Pindah Ke Rumah Dinas

0

BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto beserta sang istri Ny. Seska Ervina Budiman yang didampingi Putra tercintanya Moh. Izra Haliantara Mamonto dan putri tercinta Jingga B. Mamonto, naik Rumah Dinas Bupati Boltim tepatnya di gunung lonceng Tutuyan, Jumat (10/02/2023).

Sebelumnya Bupati Sachrul semenjak dilantik menjadi Bupati Boltim bersama keluarga tinggal di rumah kontrakan daerah selama hampir dari 2 tahun di Tutuyan, sebab hampir puluhan tahun semenjak Boltim menjadi daerah otonom baru Alhamdulillah kini Boltum sudah memiliki rumah Dinas Bupati.

Pada agenda sakral ini Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto yang didampingi Ny.Seska Ervina Budiman dan keluarga di jemput dengan prosesi adat Bolaang Mongondow oleh salah satu tokok adat Bolaang Mongondow Abdul Rahman Mamonto melalui doa Itum-itum untuk meminta keselamatan, kesehatan dan menjauhkan dari Mala dan bencana kepada Allah SWT dihadapan Bupati Boltim. Usai prosesi jemputna adat Mongondow , juga di jemput prosesi adat Bolaang Uji , Adat Bintauna dan Kaidipang besar sebagai 4 Swapraja yang ada di Bolmong Raya .

Dari pantauan usai dijemput prosesi adat Bupati dan keluarga langsung dijemput pemuka agama dan para imam untuk melakukan doa bersama di Rudis yang baru ditempati.

Bupati Sachrul dalam sambutanya L Ia mohon untuk didoakan agar saat menempati rumah rakyat ini bisa membawa keselamatan keberkahan.

” Ini merupakan sejarah, sebab Boltim sudah memiliki Rumah Dinas bupati dan kedepan akan saya bangun rumah Dinas Wakil Bupati tepat disamping rumah Dinas Bupati,” kata Sachrul.

Sembari , menambahkan, tentunya kedepan masih banyak PR. Saya sebagai manusia biasa tidak bisa kerja sendiri. Tentunya lewat doa dari bapak ibu dan masyarakat Boltim sekalian.

” Saya penuh optimisme dalam membangun, Rumah ini tidak hanya menjadi sebuah Rumah Dinas tetapi bisa juga menjadi rumah rakyat atau yang oleh adat diberi nama Komaling atau istana, di rumah ini ada banyak kamar yang saya sediakan untuk rakyat, kedepannya juga rumah ini akan kita rencanakan menjadi museum dimana menjadi tempat untuk memperkenalkan budaya kita yaitu budaya Bolaang Mongondow, selain itu di samping Rudis ini kami juga akan membangun Rumah Adat, Insyaallah doa kita semua akan diijabah oleh Allah SWT, ” kata Bupati.

Diketahui dalam kegiatan ini telah diselingi beragam tarian Bolaang Mongondow baik tarian Bondit, Pantun, tari motomu dan tari kabela.(Buds)