Pemkab Boltim Bersinergi Dengan BPS Dalam Pemuktahiran Data

0

BOLTIM – Berlangsung di Wisata Goba Molunow, Kecamatan Mooat, Selasa (22/02/2022) siang tadi, berlangsung kegiatan Forum Group Discussion (FGD) tentang Pembinaan Sektoral Evaluasi Pengumpulan Data Publikasi Bolaang Mongondow Timur (Boltim) dalam angka tahun 2022.

Kegiatan tersebut yang di prakasai Badan Pusat Statistik (BPS) Kotamobagu ini, dibuka langsung Bupati Sam Sachrul Mamonto, S.Sos, M.Si.

Dalam sambutannya, Bupati Sachrul menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak BPS Kotamobagu karena telah menyelenggarakan kegiatan yang sangat strategis tersebut.

“Tentunya kegiatan ini sangat penting untuk akurasi data yang akan ditampilkan BPS,” ujar Sachrul.o

Lanjut Bupati mengatakan, orang yang akan mencari data tentang Kabaputen Boltim, pastinya akan mengakses lewat BPS. Baik akses informasi tentang pembangunan, pertanian, ekonomi dan lain sebagainya.

Informasi ini lanjutnya, tentu disajikan berdasarkan data masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sehingga pemerintah daerah harus proaktif untuk bekerjasama dengan BPS melakukan

pemutakhiran data setiap tahunnya.

Bupati pun menggaris bawahi data yang ada di setiap dinas terkadang berlainan. Padahal jika data itu satu, tentunya tidak akan kesulitan mencari kesimpulan data.

“Kemarin kita kesulitan data ketika berbeda antara data dari Discapil, Dinsos dan Dinkes. Dimana, target vaksinasi di Boltim sudah melampaui 70 persen tapi terbaca di pusat hanya 63 persen. Hal ini karena perbedaan data yang tidak sama. Kenapa ini terjadi? tentu tidak ada perbaikan data yang dilakukan,” ujarnya.

“Saya minta kepada pimpinan OPD agar dapat memberikan data yang akurat dan bisa dipertanggungjawabkan sehingga apa yang nantinya tersaji dalam BPS ini, benar-benar mencerminkan tentang kondisi daerah,” tandasnya.

Kegiatan ini turut dihadiri Asisten III Setkab Boltim Rusmin Mokoagow, Kepala Dinas Kominfo Khaerudin Mamonto, para pimpinan OPD serta peserta kegiatan dari berbagai unsur. (Adv)