Belajar dari Bitung, PDAM Sitaro Dalami Strategi Manajemen dan Pelayanan Air Bersih
BITUNG—Perumda Air Minum Duasudara Kota Bitung kembali menjadi rujukan studi banding bagi perusahaan daerah air minum lainnya di Sulawesi Utara.
Setelah sebelumnya menerima kunjungan dari Kota Gorontalo, kini giliran Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kepulauan Sitaro yang datang berkunjung.
Kunjungan ini berlangsung pada Senin (21/04/2025), sekitar pukul 11.00 WITA, yang dipimpin langsung oleh Plt Direktur PDAM Sitaro, Bob Wuaten, ST.
Kedatangannya disambut hangat oleh Direktur Perumda Air Minum Duasudara Bitung, Alfred Salindeho, SE, MM, bersama jajaran manajemen serta Badan Pengawas Perumda, Jeffry Wowiling, M.Si.
Dalam pertemuan singkat namun penuh makna itu, Bob Wuaten menyampaikan tujuan kunjungannya, yakni untuk mempelajari sistem pengelolaan keuangan, manajemen, dan pelayanan pelanggan yang diterapkan oleh Perumda Air Minum Duasudara Bitung.
Gayung bersambut, Alfred Salindeho yang akrab disapa “Sir Ape”, langsung berbagi tips serta strategi manajemen dan pengelolaan keuangan yang telah diterapkan di Bitung.
Ia menekankan pentingnya menjalankan perusahaan air minum secara profesional dan tidak dicampuradukkan dengan kepentingan politik.
“Apalagi di Sitaro saya banyak tahu karena saya lahir dan besar di sana. Jadi tentu saya akan berbagi strategi yang kami jalankan di Bitung untuk Bapak Bob dalam membangun sistem manajemen PDAM Sitaro ke depan,” ujar Alfred Salindeho.
Setelah sesi diskusi, rombongan PDAM Sitaro dijamu makan siang di kawasan kuliner Pasar Tua.
Kunjungan kemudian dilanjutkan ke dua fasilitas reservoar milik Perumda Air Minum Duasudara di Wangurer dan Pinokalan.
Di lokasi ini, Bob Wuaten mengaku kagum dengan sarana dan prasarana penunjang produksi dan distribusi air bersih yang ada.
Ia juga mendapat penjelasan langsung dari Direktur Perumda Air Minum Duasudara, Alfred Salindeho terkait proses pengaliran air hingga sampai ke pelanggan.
“Kami sangat berterima kasih kepada Pak Alfred Salindeho dan jajarannya yang telah menerima kami dengan sangat baik. Banyak hal berharga yang bisa kami pelajari dan semoga bisa kami terapkan di PDAM Sitaro,” ujar Bob Wuaten menutup kunjungannya.
Kegiatan ini menjadi wujud kerja sama dan saling dukung antar lembaga pelayanan publik demi meningkatkan mutu layanan kepada masyarakat.