Pemilu 2024 Dinilai Olly Sukses, IKP “Terpatahkan”

0

SULUT – Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 yang terdiri atas Pemilihan Presiden (Pilpres), Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan DPD di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dinilai Gubernur Olly Dondokambey berlangsung sukses.

Penegasan tersebut disampaikan Olly Dondokambey saat menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKP) tahun anggaran 2023 di Paripurna DPRD Sulut,Selasa (26/03/2024).

“Pemilu di Sulut berlangsung baik, aman dan sukses berharap ini akan tetap terjaga sampai dengan tahap akhir,”ucap Olly.

Pernyataan Olly menandakan kerja sama antara stakeholder yang ada hasilkan Pemilu yang berintegritas.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulut dengan topangan TNI-Polri serta dukungan warga mampu “mematahkan” Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) yang menempatkan Sulut peringkat dua nasional.

Animo warga untuk menggunakan hak suara cukup tinggi, terbukti dengan rencana strategi KPU menunjukan partisipasi masyarakat di Pemilu 2024 mencapai 77,5 persen.

Dimana untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) partisipasi masyarakat mencapai 82,79 persen.

Sementara untuk partisipasi masyarakat Sulut di pemilihan Caleg DPR RI 82,47 persen, DPD RI 82,46 persen dan pilcaleg DPRD Sulut 82,38 persen.