Hari Listrik Nasional ke-78, Geliat Transformasi Layanan PLN Makin Terasa

0

TAHUNA_ Sudah tiga tahun PLN menetapkan gerakan transformasi lewat Program Transformasi PLN. Empat aspirasi yang tertuang dalam Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused menjadi tolak perubahan besar pada tubuh PLN terutama dari sisi layanan kepada pelanggan.

Perusahaan pelat merah yang bergerak di sektor ketenagalistrikan ini bahkan mampu menjawab tantangan dengan menghadirkan kepuasan bagi pelanggan setianya yang notabene adalah seluruh masyarakat Indonesia.

Pada (27/10) PLN memperingati salah hari paling bersejarah dalam kehidupan bangsa Indonesia di mana Indonesia berhasil merebut perusahaan listrik dari tangan Jepang di tahun 1945 dan ditetapkan lewat penetapan pemerintah Nomor 1 Tahun 1945 tertanggal 27 oktober 1945. Pada hari ini pun ditetapkan sebagai Hari Listrik Nasional (HLN).

Berjalan beriringan dengan kemerdekaan Indonesia, 78 tahun sudah PLN menjawab tantangan keandalan listrik dan isu pelayanan yang terus menjadi PR besar PLN. Namun, Transformasi PLN ternyata bukan hanya isapan jempol belaka. Aplikasi PLN Mobile pun mengambil peran penting dalam membentuk kembali pola kemudahan akses layanan PLN oleh masyarakat.

Tentu saja masih hangat dalam benak kita mengingat antrian panjang yang dulu terjadi untuk membayar tagihan listrik di loket-loket PLN, berbagai pengaduan tentang kurangnya pelayanan PLN juga harus menempuh jalan yang jauh dari rumah hingga bisa ke kantor PLN, belum lagi masih harus menunggu di rumah dengan cemas kapan petugas dari PLN datang untuk menindak lanjuti pengaduan yang diberikan.

Kini, hal tesebut berubah drastis dengan kehadiran aplikasi super PLN beserta layanan komplitnya. Tidak ada lagi antrian yang mengular, tidak ada lagi batas waktu untuk PLN memberikan kepeduliannya bagi pelanggan yang mengadu serta tidak ada lagi ’stigma’ sulit untuk dapat mendapatkan listrik. PLN berusaha merangkum hampir semua layanan yang ada di Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN yang menjadi garda terdepan pelayanan PLN ke dalam satu platform aplikasi super PLN Mobile, mulai dari permohonan pasang baru, pembayaran tagihan listrik, pembelian token listrik, catat meter mandiri, pengaduan dan keluhan, pelaporan gangguan, pemantauan status pengaduan dan gangguan, monitoring history tagihan listrik dan pembelian token, langganan internet Iconnet, dan tambah daya.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UID Suluttenggo), Ari Dartomo menyampaikan dalam sambutannya saat pelaksanaan Upacara Peringatan HLN ke-78 bahwa Insan PLN harus tampil memberikan solusi untuk Indonesia. Tujuannya satu, untuk Indonesia. Dengan 85 juta pelanggan yang bisa menikmati listrik yang andal, dengan layanan PLN yang terbaik, yang responsif, yang memuaskan,“ ujar Dartomo.

Terbukti dengan index kepuasan pelanggan PLN UID Suluttenggo yang mencapai 98,26% pada tahun 2022, PLN Mobile dapat menjadi media yang tepat untuk memberikan berbagai solusi kelistrikan yang dibutuhkan masyarakat. Kepuasan yang dirasakan masyarakat pun diapresiasi oleh PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tahuna melalui ULP Tamako dengan memberikan penghargaan kepada pelanggan yang bertransaksi paling banyak di aplikasi PLN Mobile. Hal ini merupakan apresiasi kepada pelanggan karena sudah memberikan dukungan dalam program transformasi PLN.

Manager UP3 Tahuna, Muhammad Taufik, mengatakan, kehadiran aplikasi PLN Mobile menjadi solusi kelistrikan dengan mudah dari mana saja dan kapan saja tanpa harus repot mencari loket yang memakan waktu dan tenaga. ”PLN selalu bertransformasi mengikuti perkembahan zaman dalam memenuhi kebutuhan pelanggan, salah satunya dengan menghadirkan fasilitas kelistrikan lewat PLN Mobile,” kata Taufik.

Senada dengan Taufik, Ari Dartomo mengajak seluruh masyarakat pada momen HLN ke-78 tahun ini untuk dapat mendukung PLN lebih lagi dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile dalam setiap kebutuhan masyarakat akan listrik PLN. “Marijo sama-sama torang pakai PLN Mobile agar semua makin mudah,” ajak Dartomo.

Aplikasi PLN Mobile dapat diunduh secara gratis dari Play Store dan App Store.

(Rommy Immora)