Pemdes Purworejo Timur Bahas RKPdes Tahun 2024

0

BOLTIM – Belum lama ini Pemerintah Desa Purworejo Timur, Kecamatan Modayag Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melaksanakan Musyawarah Desa Perencanaan pembangunan tahunan dalam rangka Penyusunan RKP Desa Tahun 2024 bertempat dikantor Desa Purworwjo Timur, yang dihadiri oleh Camat Modayag,  Sangadi, Sekretaris Desa anggota BPD, perangkat desa serta pendamping desa.

Acara dipimpin dan dibuka oleh Sangadi Purworejo Timur Rizal Dali,  dimana rapat  Musdes Penyusunan RKPDesa ini dilakukan untuk merancang kegiatan yang akan dilaksanakan tahun 2024, selanjutnya dipaparkan RKPDes Tahun Anggaran 2024 peserta Musdes bersama-sama mencermati apa-apa saja yang ada didalam RKPDesa selanjutnya dilakukan tanggapan yang berkaitan usulan-usulan yang belum tercantum/terealisasi tahun ini akan diajukan kembali dari semua peserta Musdes. Selanjutnya seluruh peserta Musdes menyepakati beberapa hal yang menjadi kesepakatan akhir dari musyawarah desa tentang Perencanaan Desa.

Sebagaimana dikatakan Sangadi Rizal bahwa adapun Tujuan dari kegiatan ini , ialah untuk menentukan arah kebijakan pemerintah desa.

” Iya , baik dalam sektor pembangunan, pembinaan, pemberdayaan ataupun penyelenggaraan pemerintah yang akan dilaksanakan tahun depan,” kata Rizal. Di sisi lain Rizal menambahkan bahwa, pada program ini telah dibentuk

Tim Verifikasi penyusunan RKPdes di bentuk tim 7 berdasarkan SK sangadi. Dimana dimasukan 7 program nasional tentang  stunting di RKPDes, antara lain :

1. Pembangunan poskesdes / polindes dan posyandu

2. Konseling dan penyediaan  makanan sehat untuk peningkatan gizi balita

3. Perawatan kesehatan ibu hamil dan menyusui

4. Pembangunan sanitasi dan air bersih

5. Pembangunan MCK

6. Pelatihan dan pembinaan kader

7. Peningkatan pengetahuan ibu tentang pola asuh anak.

Penulis : Budi S Mamonto