banner kpu

Serentak Secara Nasional, Bupati Joune Ganda Hadiri Launching Gerakan Pangan Murah

0

MINUT_Pemerintah Pusat lewat Kementrian Dalam Negeri mengadakan Launching Gerakan Pangan Nasional di adakan langsung dari Hotel Borobudur Jakarta, Senin, (26/06/23).

Launching Gerakan Pangan Nasional dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Kepala Badan Pangan Nasional B Arief Prasetyo Adi, Wakil Menteri BUMN, Perwakilan Gubernur Bank Indonesia, Dirut Perum Bulog, beserta undangan.

Agenda Launching Gerakan Pangan Murah (GPM) ini dilaksanakan serentak pada 341 titik lokasi pelaksanaan, yang terdiri dari 37 provinsi dan 296 kabupaten/kota seluruh Indonesia dalam rangka untuk memastikan ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga pangan jelang Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN) Idul Adha dan terlaksana melalui kerja sama yang baik antara pihak Kementerian Dalam Negeri, Badan Pangan Nasional, Bank Indonesia, Pemerintah Daerah melalui dinas yang membawahi urusan pangan, pelaku usaha (BUMN, BUMD, dan swasta).

Dalam kegiatan ini, Bupati Minahasa Utara Joune Ganda menghadiri Launching Serentak Gerakan Pangan Murah Nasional (GPM), secara virtual bertempat di kantor Camat Airmadidi. Senin, 26 Juni 2023.

Dalam Arahan Menteri Dalam Negeri menyampaikan tentang upaya pemerintah pusat hingga pemerintah daerah tentang inflasi yang berkaitan erat dengan pangan.

“Dengan adanya pasar murah ini diharapkan akan sangat membantu daerah-daerah yang ada agar kebutuhan masyarakat akan bahan pokok makanan dapat dengan mudah didapatkan,” paparnya.

Bupati Joune Ganda, mengungkapkan, Pemkab Minahasa Utara telah merencanakan beberapa kegiatan bekerjasama dengan stakeholder terkait termasuk perum Bulog, Kios Tani Indonesia, Indomaret, distributor lainnya, Petani Cabe Rawit serta pelaku usaha UMKM.

“Tujuannya untuk menyediakan pangan murah kepada masyarakat, dampaknya mengendalikan laju inflasi menjelang menjelang hari raya idul adha yang sebentar lagi dirayakan. Beberapa moment-moment kegiatan yang meningkatkan inflasi akan diantisipasi oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara,”ungkapnya.

(Rommy Immora)