Dinas Pol-PP dan Damkar Gandeng Puskesmas Gogagoaman Gelar Sosialisasi Penggunaan APAR

0

KOTAMOBAGU – Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Pol-PP dan Damkar) Kotamobagu gelar sosialisasi dan simulasi penggunaan alat pemadam api ringan (APAR) di Puskesmas Gogagoman, Kamis (22/6/2023).

Sosialisasi itu bertujuan untuk memaksimalkan keamanan Kebakaran pada Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) se-Kotamobagu.

Kepala bidang Damkar, Dinas Pol-PP dan Damkar Kotamobagu, Erwin Sugeha, mengatakan kegiatan tersebut merupakan hasil kerjasama dengan Dinas Kesehatan dalam rangka memenuhi standar akreditasi Puskesmas.

“Sosialisasi ini ditujukan kepada petugas di lima Puskesmas yang ada di Kota Kotamobagu, dengan pelaksanaan utama di Puskesmas Gogagoman,” Ucap Erwin kepada awak media.

Selain melakukan simulasi, Erwin juga mengatakan bahwa ada kegiatan pembekalan bagaimana cara penggunaan APAR yang diberikan kepada peserta sosialisasi.

“Pembekalan ini memberikan pengetahuan tentang penggunaan tabung APAR dan juga cara pemeliharaannya,” tambahnya.

Sementara, Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu, Deyby CH. D. Soemanta, juga mengatakan dalam pelaksanaan sosialisasi tersebut selain bagaimana cara penggunaan APAR juga salah satu syarat untuk puskesmas re-akreditasi.

“Iya, sosialisasi ini berkaitan dengan proses re-akreditasi. Kota Kotamobagu sudah memiliki akreditasi, namun perlu dilakukan pembaruan sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi,” jelas Deyby.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut Peserta sosialisasi ini adalah petugas dari lima Puskesmas yang tersebar di wilayah Kota Kotamobagu, yaitu Puskesmas Gogagoman, Puskesmas Upai, Puskesmas Bilalang, Puskesmas Motoboi Kecil, dan Puskesmas Kotobangon.

“Diharapkan dengan adanya sosialisasi dan simulasi ini, para petugas Puskesmas di Kota Kotamobagu dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan APAR serta menjaga keamanan di lingkungan Puskesmas. Dengan demikian, pelayanan kesehatan kepada masyarakat dapat berjalan lancar dan aman dari potensi kebakaran,” pungkasnya. (Syarip)