Ketua Senat Sespimti Dikreg 32 Tahun 2023 Terima Gelar Kehormatan Adat Bersama Kapolri

0

LEMBANG – Selain Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua Senat Sekolah Kepemimpinan Tinggi (Sespimti) Pendidikan Reguler (Dikreg) 32 Tahun 2023, Kombes Pol Luthfie Sulistiawan, SIK, MH, MSi, turut mendapat gelar kehormatan adat dari Suku Dayak.

Sebagaimana diketahui, Kapolri mendapat gelar kehormatan adat Patih Bakula, atau Raja Bakula. Sementara istri Kapolri, Juliati Sigit, mendapat gelar sebagai Ibu Bakula.

Gelar kehormatan adat ini disematkan oleh Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR) saat Kapolri melakukan kunjungan ke Kramat Patih Patinggi, Menjalin, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Sabtu (18/3/2023).

Untuk informasi, gelar adat ini dapat diartikan seorang pemimpin dari luar Suku Dayak yang diberikan dan dipercayakan memiliki kewenangan untuk memimpin suku Dayak khususnya pasukan Merah Tariu Borneo Bangkule Rajakng. Apa yang menjadi titahnya wajib diterima oleh seluruh pasukan Dayak.

“Hari ini di hari ulang tahun Kramat Patih Patinggi yang dilaksanakan di tahun 2023, hari ini juga saya mendapatkan apresiasi yang sangat luar biasa dari masyaraat Borneo, masyarakat Dayak yang tergabung dalam TBBR (Tariu Borneo Bangkule Rajakng), karena hari ini saya dinobatkan untuk mendapatkan gelar Patih dengan nama Patih Bakula,” ungkap Kapolri, seperti dilansir mediapolri.

Kapolri menyampaikan ungkapan terima kasih atas gelar yang diterimanya tersebut. “Terima kasih karena buat saya itu adalah apresiasi dan penghormatan yang sangat tinggi. Karena bagi saya gelar itu adalah gelar yang sangat luar biasa,” tuturnya.

Kombes Luthfie yang ketika itu turut mendampingi Kapolri melakukan kunjungan, juga mendapat gelar kehormatan adat dari Suku Dayak.

Kombes Luthfie diamanahi gelar kehormatan adat sebagai Pamané Patih, yang artinya Penasihat Raja. Istrinya, Inge Luthfie juga diberi gelar sebagai Ibu Pamané atau Penasihat Permaisuri.

Kasie Humas peserta didik Sespimti Dikreg 32 Tahun 2023, Kombes Edi Faryadi Sik MH, mengungkapkan kebanggaannya atas gelar kehormatan adat yang juga diterima oleh Ketua Senat mereka.

“Ini kebanggaan bagi seluruh peserta didik Sespimpti Dikreg 32 Tahun 2023. Bahwa Ketua Senat Kombes Pol Luthfie Sulistiawan, mendapat gelar adat bersama Bapak Kapolri,” kata Kombes Edi Faryadi, Senin (20/3/2023).

Lanjut Kombes Edi, ini merupakan bukti kecerdasan strategis Kombes Luthfie sebagai Ketua Senat Sespimti Dikreg 32.

“Beliau luar biasa visioner dalam menguasai dan berkolaborasi apik, menguasai situasi terkini dan memiliki wawasan luas,” ujar Kombes Edi

“Ini demi Indonesia lebih baik, agar Polri ke depan dapat meraih kepercayaan publik kembali,” imbuhnya.

Kombes Edi menambahkan, harapannya, peserta didik Sespimti Dikreg 32, seusai mengikuti pendidikan nantinya dapat langsung ditempatkan sesuai harapan dan doa dari masing-masing mereka, istri dan juga keluarga.

Untuk diketahui, pada moment tersebut Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Suryanbodo Asmoro, turut mendapatkan gelar kehormatan adat. Jenderal bintang dua itu kini bergelar Pamané Patih, dan istrinya Ibu Pamané.
(Gito)