Tingkatkan Pengawasan,Rutan Kotamobagu Dilengkapi Alat X-Ray

0

KOTAMOBAGU – Rutan Kelas IIB Kota Kotamobagu Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara (Sulut), kini dilengkapi dengan mesin pendeteksi barang terlarang yakni Alat X-Ray.

Alat X-Ray ini merupakan bantuan yang diberikan langsung dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham RI) 2022.

Jadi petugas Rutan Kotamobagu dengan mudah dapat mendeteksi beberapa barang terlarang yang akan masuk dalam Rutan.

Misalnya, beberapa barang dilarang itu yakni berupa handhphone, kamera, senjata api dan senjata tajam hingga lainnya yang dianggap terlarang berada dalam Rutan.

Tentu dengan adanya alat canggih ini, upaya penyelundupan melalui pembesuk bisa ditangkal sejak pintu masuk Rutan.

Menurut Kepala Rutan (Karutan) Kotamobagu, melalui Kasat Pengamanan Rutan Dj Tumangken, Alat X-Ray ini pada pokoknya digunakan untuk memeriksa barang-barang yang dibawa pembesuk.

Jika dari hasil pemindaian ada yang terlihat mencurigakan, operator akan meminta petugas mengecek langsung barang yang dimaksud.

“Tentunya ada berbagai macam cara penyelundupan yang biasanya dimasukkan, termasuk diselipkan dalam makanan dan ini bisa terdeteksi oleh alat tersebut, sehingga petugas kita bisa mencegah agar jangan sampai masuk,” terangnya.

Bahkan ia menegaskan, jika sampai ditemukan oleh petugas, baik itu keluarga atau kerabat dari warga binaan yang mencoba menyelundupkan barang-barang terlarang, maka sanksi tegas akan kami berikan kepada pengunjung tersebut.

“Jadi kerabat maupun keluarga dari warga binaan jangan coba-coba menyelundupkan barang terlarang masuk ke dalam Rutan,” tegas Tumangken.

Selain itu, Tumangken menambahkan, tentu keberadaan alat ini sangat menunjang tugas dan fungsi Rutan Kotamobagu.

“Termasuk dalam hal pengamanan, mengingat begitu banyak modus penyelundupan barang,” imbuhnya.

“Saya berharap, dengan adanya Alat X-Ray ini segala bentuk percobaan pelanggaran dari para pembesuk terutama memasukan barang terlarang apapun bentuknya dapat diantisipasi, sehingga keamanan di dalam Rutan terus terjaga,” harap Tumangken. (Dp/Yudi)