Kapolda Sulut Kunjungi Polres Bitung, ini Agenda Kegiatannya

0

INDO NEWS – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Setyo Budiyanto didampingi Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut Ny. Henny Setyobudi bersama beberapa Pejabat Utama Polda Sulut dan Pengurus Bhayangkari, melakukan kunjungan kerja di Polres Bitung, pada Senin (20/2/2023).

Tiba di Mapolres Bitung, Kapolda dan Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut menerima serangkaian prosesi penyambutan. Diawali dengan iringan Tari Kabasaran, kemudian laporan situasi kamtibmas sekaligus penyambutan oleh Kapolres Bitung AKBP Alam Kusuma S. Irawan didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Bitung Ny. Gita Alam Kusuma.

Selanjutnya pengalungan bunga dan penyerahan buket bunga oleh Polisi Cilik, jajar kehormatan, dan penyambutan oleh barisan Forkopimda Kota Bitung di antaranya Walikota, Dandim dan Kajari, para Pejabat Polres Bitung serta Bhayangkari, yang diiringi yel-yel oleh personel Polres Bitung.

Setelah itu, Kapolda dan Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut melakukan sejumlah agenda kegiatan, diawali dengan memberikan bantuan kepada warga masyarakat terdampak bencana dan meninjau Taman Bacaan Pelita Bahari Polres Bitung.

Kapolda Sulut kemudian melakukan pengecekan sejumlah ruangan pelayanan masyarakat di Polres Bitung, dilanjutkan memberikan arahan kepada personel, di aula sport hall Aspol Pinokalan. Sedangkan Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut melakukan beberapa kegiatan yakni, meninjau ruangan kantor Bhayangkari Cabang Bitung, meninjau Pekarangan Pangan Lestari dan Posyandu Kemala serta memberikan arahan kepada Pengurus Bhayangkari Cabang Bitung, di Aspol Pinokalan.

Sementara itu Kapolda Sulut mengatakan, kunjungan kerja di Polres Bitung ini merupakan kegiatan formal yang dilakukan oleh Kapolda beserta para Pejabat Utama Polda Sulut untuk melihat langsung kinerja di satuan kewilayahan.

“Juga untuk mendapatkan laporan dari Kapolres, bersilaturahmi dengan anggota kemudian melihat situasi dan kondisi khususnya di area perkantoran Polres Bitung, tanya jawab dengan anggota-anggota untuk mengetahui apakah ada kendala dalam menjalankan tugas-tugas melayani masyarakat selama ini. Tentunya diharapkan pelaksanaan tugas yang sudah digariskan, sudah diinstruksikan terutama oleh Bapak Kapolri kemudian juga ada penekanan dari Bapak Presiden RI itu bisa dilakukan dan dikerjakan oleh seluruh anggota Polres Bitung,” ujar Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Menurut Irjen Pol Setyo Budiyanto, Polres Bitung merupakan salah satu satuan kewilayahan jajaran yang cukup besar dari segi jumlah penduduk.

“Jadi mungkin perbandingan dengan jumlah anggota Polri juga belum sebanding atau belum seimbang. Tetapi dengan kinerja yang sudah dilakukan, Kapolres Bitung sudah melakukan manajemen kinerja dan menyesuaikan dengan kebutuhan. Saya juga mendapat informasi dari Walikota Bitung bahwa, selama ini hubungan kerja antara Pemerintah Kota, TNI, Polri dan instansi terkait lainnya, semuanya bisa dilaksanakan dengan baik di sini,” jelas Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Irjen Pol Setyo Budiyanto pun berharap, sinergitas dan hubungan kerjasama yang sudah terjalin dengan baik selama ini agar terus dipertahankan bahkan ditingkatkan demi melayani masyarakat.

“Harapannya, kolaborasi yang ditekankan oleh Bapak Presiden RI dalam rangka mendukung kebijakan-kebijakan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat itu betul-betul bisa dilaksanakan, dan peran dari Polres Bitung ini bisa ikut membantu serta mendukung kebijakan-kebijakan tersebut,” pungkas Irjen Pol Setyo Budiyanto.
(Gito Mokoagow)