Puncak Perayaan Migrant Day di Kotamobagu Sukses Digelar

0

KOTAMOBAGU – Rangkaian kegiatan memperingati Hari Pekerja Migran Internasional (HPMI) atau Migrant Day di Kotamobagu yang dilaksanakan oleh Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) sukses digelar.

Ragam kegiatan yang digelar selama dua hari, 10-11 Desember 2022, di antaranya, Kejuaraan Drag Bike, jalan sehat, senam zumba, hingga konser musik pada puncak perayaan Migrant Day di Kotamobagu berkahir sukses.

Kepala BP2MI, Benny Rhamdani, resmi menutup rangkaian kegiatan Migrant Day di Kotamobagu yang digelar di Halaman Universitas Dumoga Kotamobagu (UDK), Minggu, 11 Desember 2022, malam.

“Alhamdulillah acara di Kotamobagu berjalan lancar. Terima kasih tak terhingga kami ucapkan kepada semua unsur yg telah turut mensukseskan acara yang merupakan bagian dari iven nasional ini,” ucap Kepala BP2MI, Benny Rhamdani.

Selain itu, Benny memaparkan terkait Pekerja Migran Indonesia (PMI). Menurutya, ada lebih dari 150 negara penempatan PMI di luar negeri. Misalnya saja di Jepang, dari sisi penghasilan rata-rata untuk jabatan perawat orang tua di Jepang berkisar Rp 22-30 juta. Begitu juga di Korea Selatan untuk sektor yang sama  gajinya juga besar antara 22 juta hingga 27 juta.

“Peluang ini bisa diambil oleh masyarakat Sulawesi Utara khususnya Bolmong Raya,” kata Benny.

Dikatakan Benny, Pekerja Migran Indonesia setiap tahunnya menyumbang devisa sekitar Rp159,6 triliun bagi negara. Nilai tersebut merupakan sumbangan kedua setelah sektor Migas. Itulah sebabnya negara memberikan penghargaan terbaik terhadap PMI.

“Hilangkan stigma buruk terhadap para PMI. tangkap peluang kerja bekerja di luar negeri semua sidah disiapkan negara. buktikan anak anak Bolaang Mongondow Raya mampu,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala BP2MI, Benny Rhamdani juga menyerahkan hadiah kepada para pemenang kejuaraan Drag Bike.

Kegiatan tersebut, turut dihadiri, Wakil Wali Kota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, para Pejabat Utama BP2MI, Kepala Wilayah BNI Suluttenggomalut, Forkopimda, anggota DPRD Kotamobagu, pimpinan OPD, dan ribuan masyarakat Kotamobagu. (*/Dp)