ISNU Gandeng Dinas Pertanian Boltim Gelar Penyuluhan Pertanian Pada Hari Santri Nasional

0

BOLTIM – Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), gandeng Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Boltim, gelar Penyuluhan Pertanian dengan tema “SANTRI TANI MILENIAL” Kegiatan tersebut, dilaksanakan di Pondok Pesantren Nizamudin Desa Liberia Kecamatan Modayag.

Sekretaris PC ISNU Boltim Wira Suma. SE mengatakan, kegiatan ini sengaja diinisiasi oleh shabat – sahabat Pengurus ISNU Kabupaten Boltim.

“Dalam rangka memeperingati Hari Santri Nasional, dan harapan Saya, semoga santri – santri Pondok Pesantren Nizamudin ini kedepannya bisa lebih mandiri secara ekonomi lewat hasil Pertanian,”kata Wira.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Distan Boltim Mat Sunardi mengatakan, upaya memahamkan pentingnya akan pangan dan mendukung hari Santri Nasional, Dinas Pertanian melakukan edukasi pada Anak – anak Santri – Santriwati Nizamudin Liberia sejak dini.

“Anak – anak perlu dibekali konsep agribisnis disamping belajar Agama, misalnya bagaimana cara menanam tanaman – tanaman horticultura dilingkungan Pesantren untuk mengisi ruang – ruang saat para Santri dihari libur dan tidak belajar Keagamaan,”Kata Sunardi.
Lanjut dia, sehingga waktu yang ada dapat dimanfaatkan utuk belajar berusaha tani, sehingga mereka kedepan akan menjadi calon – calon Petani melenial.

“Acara ini digagas bersama dengan Ketua yayasan, dan Alhamdulillah disambut baik oleh anak – anak Santri, yang masih polos terkait Pertanian, salah satu contoh mereka belum sepenuhnya mengerti akan jenis – jenis tanaman, padahal ada disekitar Kita. Insya Allah anak – anak bisa paham dan tertarik serta perlu bimbingan lanjutan. Pada prinsipnya Dinas Pertanian siap membantu untuk suksesnya program Santri Tani,”Tutup Kadis.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Distan Boltim Mat Sunardi, Ketua ISNU Boltim Nurtitin Miolo dan Pengurus ISNU, seluruh Santri/Santriwati Pondok Pesantren Nizamudin.

Penulis : Budi S Mamonto