Polda Sulut Gelar Baksos dan Bansos Serentak Hari Bhayangkara ke-76

0

INDO NEWS – Polda Sulawesi Utara (Sulut) beserta jajaran menggelar kegiatan bakti sosial (baksos) dan pemberian bantuan sosial (bansos) serentak dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022, Senin (20/6) pagi, di Mapolda Sulut.

Kegiatan baksos dan pemberian bansos tersebut dilaksanakan serentak se-Indonesia dan dipusatkan di Mabes Polri, Jakarta, yang pelepasannya dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Sebelum melepas kegiatan baksos dan bansos, Kapolri memantau persiapan pelaksanaan kegiatan tersebut, sekaligus berdialog interaktif dengan beberapa Kapolda jajaran melalui teleconference.

Dalam kesempatan ini, Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno didampingi Ketua PD Bhayangkari, Wakapolda, dan Wakil Ketua PD Bhayangkari Sulut, menyerahkan paket sembako secara simbolis kepada perwakilan penerima bantuan. Selanjutnya, Irjen Pol Mulyatno melepas pemberangkatan distribusi bansos ke lokasi-lokasi yang telah ditentukan.

Sementara itu Irjen Pol Mulyatno sesaat usai kegiatan mengatakan, dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022 ini, Polri termasuk Polda Sulut dan jajaran melaksanakan beberapa kegiatan, di antaranya baksos dan pemberian bansos.

“Kegiatan baksos religi dilakukan dalam bentuk pembangunan dan atau renovasi, juga kerjabakti di sejumlah tempat ibadah di Sulut, yang dilaksanakan serentak oleh Polda Sulut dan jajaran, mulai hari Senin tanggal 20 Juni ini. Baksos religi dilaksanakan di 282 tempat ibadah di seluruh wilayah Sulut terdiri dari, 116 masjid, 137 gereja, 9 pura, 7 vihara, dan 13 klenteng,” ujar Irjen Pol Mulyatno.

Untuk diketahui, Polda Sulut selain menggelar baksos religi juga melaksanakan pembangunan sarana ibadah dan pembangunan sarana pendidikan pada Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Asy-Syafiq Nurul Hidayah Desa Sea, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa.

Sedangkan untuk bansos, dilakukan dalam bentuk pemberian paket sembako kepada warga masyarakat yang membutuhkan.

“Adapun jumlah sembako yang didistribusikan Polda Sulut bersama seluruh Polresta dan Polres jajaran, total sebanyak 4.650 paket. Sasaran penerima bansos antara lain, para petugas kebersihan jalan, tukang ojek pangkalan, sopir angkutan umum, kusir delman, tukang parkir serta masyarakat lain yang membutuhkan,” jelas Irjen Pol Mulyatno.

Irjen Pol Mulyatno berharap, kepedulian dan kontribusi Polri terhadap warga masyarakat ini bisa diterima dengan baik dan dapat dirasakan manfaatnya.

“Sehingga terjalin sinergitas, hubungan kerjasama yang baik antara masyarakat, baik dengan Polri, juga TNI, tokoh masyarakat, tokoh agama, Forkopimda maupun stakeholders terkait lainnya,” harapnya.

Irjen Pol Mulyatno menambahkan, baksos religi ini erat kaitannya dengan upaya pentingnya moderasi beragama.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Kemenag dan FKUB untuk sosialisasi mengenai pentingnya kerukunan dan harmonisasi hubungan lintas agama karena kita adalah bangsa Indonesia yang majemuk atau beragam,” katanya.

Oleh karena itu, sambung Irjen Pol Mulyatno, perlu terus dilakukan hal-hal yang mempererat, memperkuat, dan menyatukan seluruh pihak dalam hubungan bangsa yang damai, tenteram, dan harmonis.

“Yang harus dikembangkan adalah sikap toleransi dan saling menghargai, baik sesama atau antar umat beragama, termasuk suku maupun entitas daerah. Jadi kita harus selalu memperkuat persatuan dan kesatuan, serta kita jalin hubungan yang harmonis, baik lintas agama maupun lintas masyarakat,” pungkas Irjen Pol Mulyatno.

Turut hadir pada kegiatan tersebut di antaranya, Forkopimda Sulut ataupun pejabat yang mewakili, para Pejabat Utama Polda Sulut, Pengurus Bhayangkari, para tokoh agama, tokoh masyarakat, serta tamu undangan lainnya.
(Gito Mokoagow)