Lomba Smart Village Tahun 2022, DPMD Boltim Utus 20 Desa

0

BOLTIM – Lomba smart village atau desa cerdas tingkat nasional tahun 2022 ini, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) akan mengusulkan 20 Desa sebagai peserta. Demikian disampaikan kepala DPMD Hendra Tangel.

Hendra menjelaskan. Kegiatan yang dihelat oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) tahun 2022 ini sangat penting di ikuti oleh Desa.

 

Terkait 20 Desa yang diikut sertakan. Kata Hendra, Desa yang menjadi peserta di ambil dari setiap kecamatan dari total tujuh kecamatan yang ada di Boltim.

“10 Desa kita ambil dari wilayah pesisir, kemudian 10 Desa lagi dari wilayah pegunungan. Selain itu kami meminta koonfirmasi dari desa tersebut terkait kesiapan mengikuti lomba ini,”terang Tangel.

Lanjut Tangel, pihaknya meminta desa-desa yang menjadi peserta tersebut menyiapkan segala sesuatu yang menjadi syarat perlombaan termasuk untuk melakukan input data sesuai permintaan dari pusat.

“Termasuk proposal, menyiapkan operator desa dan surat pernyataan dari sangadi terkait kesiapan keikutsertaan lomba,”pintanya.

Dirinya menjelaskan. Bahwa, penentuan desa-desa yang diikutsertakan dalam lomba ini dilihat dari infrastruktur penunjang, seperti ketersediaan jaringan internet dan jaringan listrik di desa itu sendiri.

“Dari 81 desa yang ada di Boltim, kita lihat pertama desa itu jaringan internet bisa masuk, karena perangkat yang akan diberikan kementerian itu membutuhkan jaringan, kemudian harus di topang dengan ketersediaan listrik tentunya,”jelasnya.

Kemudian juga diminta untuk menyiapkan operator desa sebagai mengoprasikan perangkat yang nantinya akan diberikan pihak kementerian.

“Dari 20 desa yang kami ajukan akan melalui tahap verifikasi kemudian hasilnya diumumkan pada tanggal 18 Februari. Kami dari Dinas PMD berharap 20 Desa yang ikut ini semuanya bisa lolos,”harapnya.(BM)