Kapolda Sulut Dampingi Gubernur Tinjau Kesiapan RS Darurat COVID-19 di Bitung

0

INDO NEWS – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Nana Sudjana mendampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey meninjau kesiapan Rumah Sakit (RS) Darurat Covid-19 di Kota Bitung, Selasa (27/07/2021) siang.

RS Darurat Covid-19 ini memanfaatkan salah satu tower Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Kelurahan Sagerat Weru Satu, Kecamatan Matuari, Kota Bitung.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung dr. Pitter Lumingkewas dalam laporan singkatnya, menerangkan, dalam satu tower Rusunawa ini terdapat sekitar 96 kamar yang dilengkapi dengan fasilitas toilet, air bersih, instalasi listrik serta instalasi limbah.

Selain itu juga terdapat fasilitas ruangan yang ke depan bisa digunakan untuk kantor serta ruang perawatan, farmasi, laboratorium, ruang tenaga kesehatan, dapur/gizi, kamar jenazah, dan tempat parkir.

“Pemkot Bitung akan secepatnya melengkapi fasilitas serta instalasi yang dibutuhkan antara lain kelengkapan ruang perawatan pasien, pelayanan medis, farmasi dan laboratorium,” ujarnya.

Selanjutnya, dilakukan penandatanganan Surat Penetapan RS Darurat Covid-19 Rusunawa Sagerat oleh Gubernur Sulut dan Walikota Bitung Maurits Mantiri.

Sementara itu Gubernur Sulut sesaat usai peninjauan, mengatakan, pemanfaatan Rusunawa Sagerat ini sebagai RS Darurat Covid-19 merupakan kesepakatan antara Pemprov Sulut dengan Pemkot Bitung.

“Untuk menunjang ketersediaan tempat tidur pasien Covid-19, kita siapkan benar-benar. Apabila RSUD Bitung sudah penuh, sebagian pasien nantinya bisa dirawat di RS Darurat ini,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur menyatakan pihak Pemprov Sulut siap membantu melengkapi fasilitas RS Darurat Covid-19 di Kota Bitung ini.

Gubernur pun berharap, mudah-mudahan RS Darurat Covid-19 di Bitung ini tidak digunakan. “Walaupun sudah kita persiapkan, tetapi kita berdoa supaya tidak digunakan,” pungkasnya berharap.

Kegiatan dirangkaikan dengan peninjauan pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi di Puskesmas Sagerat Bitung.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekprov Sulut Edwin Silangen, Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar, Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast, Kapolres Bitung AKBP Indrapramana beserta jajaran, dan Camat Matuari Sefferson Sumampouw.(Gito Mokoagow)