ktg

Tidak Tepat Sasaran, Penerima BST Kelurahan Motoboi Besar Amburadul

0

INDO NEWS – Bantuan sosial (bansos) berupa sembako maupun bantuan sosial tunai (BST) diberikan pemerintah kepada masyarakat di tengah situasi pandemi Covid-19.

Berbagai bansos yang diberikan pemerintah kepada rakyat bertujuan untuk membantu perekonomian warga yang kesulitan salama pandemi.

Masyarakat yang kurang mampu menjadi sasaran utama penerima bantuan dari pemerintah.

Berdasarkan data yang ada, penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) tahun 2021, di Kelurahan Motoboi Besar, Kecamatan Kotamobagu Timur, terungkap kesasar dan diberikan kepada orang yang tergolong mampu secara finansial.

Menanggapi hal tersebut, Lurah Motoboi Besar, Tendi Ponubu mengatakan, Nama – nama penerima bantuan yang ada, pihaknya mengacu berdasarkan data dari Dinas Sosial. “Penerima bantuan BST tahun ini, kita mengunakan data tahun yang sebelumnya,” kata Tendi, Rabu (21/04/2021) siang tadi.

Disinggung terkait proses verifikasi data yang dilakukan pihak pemerintah Kelurahan Motoboi Besar, Tendi mengatakan, “Saya tidak mengikuti proses verifikasi data di Kelurahan,” ungkapnya.

Sementara itu, mantan Lurah Motoboi Besar, Zulvan Pombaile saat dikonfirmasi terkait data penerima BST pada tahun sebelumnya mengatakan, Penerima bantuan BST tahun 2020, semua kami salurkan bagi masyarakat yang berhak menerima. “Verifikasi data tahun 2020, nama yang tergolong mampu secara finansial jelas tidak masuk dalam daftar penerima bantuan,” ungkap Pombaile

Diketahui, Berdasarkan data yang ada, penerima Bantuan Sosial Tunai (BST), tahap satu, di Kelurahan Motoboi Besar, berjumlah 264 orang, Sedangkan yang masuk dalam penerima bantuan tahap dua berjumlah 167 orang

(Gito Mokoagow)