ktg

Dukung Penolakan Masyarakat, Parindo: Keberadaan Koperasi SBM Timbulkan Gangguan Kamtibmas

0

INDO NEWS – Penolakan masyarakat Desa Tobayagan Bersatu atas keberadaan koperasi Sinar Bulawan Motobatu (SBM), yang bergerak di bidang pertambangan, mendapat tangapan dari salah satu pemerhati lingkungan.

Keresahan masyarakat ini, tidak bisa dibiarkan berlarut-larut oleh Pemerintah Daerah, maupun Pemerintah Provinsi karena, takutnya akan menimbulkan konflik sosial yang nantinya dapat berdampak dalam situasi kamtibmas. “Bagian dari masyarakat Bolsel yang punya hubungan kekeluargaan dekat dengan masyarakat Desa Tobayagan bersatu, meminta kepada pemerintah Daerah dan Provinsi untuk segera menindak lanjuti petisi penolakan terhadap kehadiran koperasi agar, tidak melahirkan persoalan baru yang nantinya akan mengganggu keamanan dan ketertiban di wilayah Desa Tobayagan,” kata Potabuga.

 Kehadiran koperasi yang bergerak dibidang pertambangan ini lanjut dia, harusnya di sosialisasikan dulu ke masyarakat yang ada di lingkar tambang agar, pemerintah setempat bisa mengetahui apakah ada penolakan dari masyarakat atau tidak.

 Bukan mengeluarkan rekomendasi tanpa mempertimbangkan efek sosial dan efek lingkungan. “Ini harusnya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah dan provinsi.

Lahirnya penolakan melaului petisi disebabkan tidak adanya edukasi terhadap masyarakat melalui sosialisasi analisis dampak lingkungan,” katanya.

Kepada Pemerintah dan pihak Koperasi tamba dia, diharapkan untuk secepatnya menyelesaikan persoalan dengan cara komunikasi yang baik dan personality,agar bisa mendapatkan solusi terbaik antara kedua belah pihak. “Saya meminta kepada pihak koperasi dan juga Pemerintah, baik Daerah maupun Provinsi agar segera mencari solusi terbaik dari persoalan yang ada.

Jika tidak ada titik temu, saya pastika akan ada lagi demo besar – besaran,” ungkap Potabuga  (Gito Mokoagow