ktg

Hasil Gelar Perkara, Enam Pelaku Penganiayaan Polisi Resmi Ditahan

0

INDO NEWS – Berdasarkan pengembangan kasus penganiayaan oknum Anggota Polisi, Penyidik Satuan Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Kotamobagu, resmi menetapkan tersangka dan, melakukan penahanan Enam orang pelaku yang terlibat dalam peristiwa tersebut. Yakni, AG alias Galang (16), FP alias Fatur (16), DT alias Dhanu (16), FL alias Farit (17), FR alias Fauzi, dan RM alias Rangga (17).

Hal ini sebagaimana dikatakan Kapolres Kotamobagu AKBP Prasetya Sejati SIK, saat diwawancarai INDO NEWS, Selasa (14/07/2020) pagi tadi di ruang kerjanya. Kata dia, Berdasarkan keterangan saksi dan bukti yang ada, Penyidik Kepolisian Polres Kotamobagu resmi menetapkan tersangka dan melakukan penahanan ke enam pelaku penganiayaan anggota polisi. “Setelah dilakukan gelar perkara, kami bersepakat menetapkan tersangka dan dilakukan penahanan sesuai dengan ketentuan Undang – undang Pasal 18 KUHP, dengan melakukan penyerangan anggota yang sedang menjalankan tugas,” kata Kapolres Kotamobagu.

Sesuai dengan ketentuan Undang – undang perlindungan anak tahun 2010, Nomor 11, lanjut dia, Apabila ancaman hukuman melebihi dari 7 tahun kurungan yang bersangkutan bisah dilakukan upayah paksa untuk dilakukan penahanan. “Mari kita Sama – sama menjaga situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), dengan   moto. Motobatu Kita Komintan, Molukad Kon Keamanan Kotamobagu,” ungkapnya.

Sementara itu, Penyidik yang menangani perkara tersebut AIPDA Zulkifli Darwis SH.MH, juga menambahkan, Dengan adanya keterangan Saksi dan tersangka, pihak kami tengah melakukan penahanan terhadap enam pelaku yang terlibat dalam kasus penganiayaan anggota polisi. “Tersangka kami kenakan Pasal 170 ayat 2, ke 1 dan ke 2 Subsider Pasal 351 ayat 1 dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara, dan Pasal 214 ayat 2 ke 1 dengan ancaman hukuman 8 tahun enam bulan kurungan,” ungkap mantan Kanit Tipidkor Polres Tondano.

(Gito Mokoagow)