ktg

Polres Kotamobagu Mulai Bidik Pengelolaan Dana Desa

0

INDO NEWS – Kepolisian Resor (Polres) Kotamobagu meminta agar penggunaan anggaran yang dimiliki pemerintah desa terhindar dari penyimpangan dan dimanfaatkan untuk pembangunan yang hasilnya dirasakan oleh masyarakat.

“Sekecil apapun korupsi dana desa akan berurusan dengan hukum karena hal itu telah melanggar aturan. Jadi saya minta kepala desa dan aparatur berhati-hati menggunakannya,” kata Kapolres Kotamobagu AKBP Frasetya Sejati SIK, melalui Kasat Reskrim AKP. M.Fadli SIK, Jumat (12/6) siang tadi di ruang kerjanya.

Ia juga menambahkan, Pihaknya meminta agar kepala desa tidak takut dan lebih berani menggunakan anggaran desa. Sebab pihaknya tidak akan menangkap kepala desa selama penggunaan anggaran sesuai aturan maupun ketentuan yang berlaku.

“Tindak pidana korupsi merupakan kejahatan yang luar biasa karena dana desa yang diberikan tersebut adalah milik negara,” terang Fadli

Penggunaan anggaran desa dalam pembangunan lanjut Fadli,  harus dilakukan dengan sistem skala prioritas. Karena pemerintah pusat menyerahkan dana tersebut untuk dikelola membangun desa. “Yang lebih tahu tentang kebutuhan desa adalah kepala desa, makanya pemerintah pusat dan daerah menyerahkan dana tersebut ke desa,” ujarnya

Diketahui, Untuk saat ini penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Kotamobagu, sedang melakukan proses penyelidikan bagi Kepala Desa Kolingangan beserta para pengelola dana desa lainya. hal ini atas adanya dugaan  penyimpangan dalam proses pengelolaan dana tersebut.  (Gito Mokoagow)